Cara Mengajar Bahasa Inggris Untuk Young Learners

Yang saya tulis disini semuanya adalah pengalaman saya baik ketika saya di dalam kelas untuk mengikuti pelajaran untuk English for Young Learners maupun ketika saya memberi les privat, jadi sudah praktek mengajar.

Mengajar Bahasa Inggris untuk young learners bagi saya tidaklah mudah, paling tidak itu yang saya pikirkan saat itu. Untungnya di kelas EYL saya mendapat banyak hal. Bahasa Inggris untuk young learners pada dasarnya masih sangat mendasar seperti mengenal angka, mengenal binatang, mengenal warna, benda dan sebagainya.  Nah supaya mampu mengajarkan Bahasa Inggris ada beberapa karakteristik young learners yang perlu diketahui di antaranya adalah:

1. Suka bermain

2. Kemampuan konsentrasi yang sangat pendek.

Karena mereka suka bermain, kita harus menunjang pembelajaran dengan games supaya mereka antusias tetapi mereka tetap bisa belajar sesuatu dari games itu. Membuat atmosfer kelas jadi menyenangkan juga tidak selalu harus menggunakan games tetapi juga bisa menggunakan metode chanting. Chanting itu seperti menyanyi tetapi tidak bisa dibilang menyanyi karena hanya ada rhythm di situ.

Contoh:

Topik: mengenal nama benda

Nanti seperti ini chantingnya: T: What do you have in your kitchen?

S: Spoon and fork, spoon and fork

Pelajaran untuk chanting ini saya dapatkan ketika ada seorang pembicara dari Belanda datang ke universitas tempat saya belajar, dan sungguh saya mendapatkan beberapa hal yang saya tidak ketahui sebelumnya.

Metode chanting ini menyenangkan dan efektif digunakan karena langsung menyangkut ke inti topik yaitu mengenal nama benda. Dengan menyadari bahwa kemampuan konsentrasi anak sangat pendek, metode chanting ini sangat efektif untuk membuat para murid mengerti inti pelajaran dalam waktu yang singkat tersebut.

Saya pernah meberi les privat untuk anak SD kelas 5. Kemampuan konsentrasinya pun juga hanya sekitar satu jam, bahkan kadang sebelum satu jam pun dia sudah sebentar-sebentar keluar untuk minum. Pokoknya terlihat konsentrasinya sudah mulai berkurang. Lalu saya akhirnya memutuskan untuk memakai media dan melihat apakah penggunaan media ini nanti berhasil. Untuk hasilnya akan saya jelaskan lebih lanjut di halaman berikutnya.

 

3 thoughts on “Cara Mengajar Bahasa Inggris Untuk Young Learners

  1. liss says:

    hmm…. artikelnya cukup menarik… tapi bagaimana jika yang kita ajari itu hanya satu orang anak…. dan kalau kita ajak menyanyi, dia malah suka ketawa karena merasa lucu…???

    • Yang dimaksud itu menyanyinya atau chantingnya? Kalau menyanyi yg penting kita tdk membuat gesture atau ekspresi wajah yg lucu mbak…bernyanyilah dengan suara lantang…karena anak akan berusaha menirukan bagaimana kita melafalkan kata…gesture boleh2 aja tp disesuaikan dengan lagunya. Misal di lagu ada kata ‘hear’ peragakan hear itu seperti apa supaya anak paham walaupun kita tdk mengartikan kata itu. Thanks commentnya… :)

  2. aiksastri says:

    Kalau dia merasa lucu dan tertawa, tak ada salahnya kita juga ikut tertawa. Karena jika kita tetap diam takutnya dia merasa kita terlalu serius. Nah setelah dia berpuas2 tertawa kita baru jelaskan gunanya menyanyi tu apa sehingga dia tau manfaatnya untuk dia sendiri..jika dia tau gunanya dia semakin senang belajar dgn metode apapun yg kita berikan.

Leave a Reply

