Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD (Speaking)

Ya, sekarang lanjut ya ceritanya. Sebelumnya saya sudah bercerita kalau mengajar anak SD itu ya gampang ya susah. Gampang karena topik-topiknya masih mendasar. Susah karena kemampuan mereka berkonsentrasi sangat singkat. Kemudian saya memutuskan untuk memakai media atau alat bantu. Di sini fokusnya adalah speaking skill karena orang tuanya meminta saya untuk mengajarkan speaking skill. Nah, saya ingin mengajarkan kepada anak ini soal imperative namun yang sederhana. Saya sudah menyiapkan alat dan bahannya yang terdiri dari:

1. kain flanel

2. gunting

3.spidol hitam

4. lem

5. tutup gelas (untuk membuat lingkaran)

Nah disini kemudian saya memulai memberikan instruksi sambil memperagakan. memperagakan itu keharusan karena anak akan mengerti arti suatu kata tanpa kita harus memberitahu artinya dalam Bahasa Indonesia. Lagipula menurut saya cara paling efektif mengajar anak kecil adalah dengan memperagakannya, kalau kita men-translate kata itu ke Bahasa Indonesia malah akan cepat lupa. (Ini merupakan pelajaran yang saya ambil saat kuliah serta pengalaman ibu saya yang juga mengajar Bahasa Inggris)

1. Draw a big circle.

2. Draw two small circles.

3. Draw a curve.

4. Cut the big circle.

5. Cut the small circles.

6. Stick the small circles on the big circle.

7. Stick the curve on the big circle.

8. This is it. Now you have a smiley.

*Note: Ketika saya mengatakan draw, saya langsung memperagakannya dengan menggambar lingkaran di kain flanelnya. Ketika saya bilang big, saya juga memperagakannya, meski si anak sudah tahu. Ini hanya untuk memastikan dia mengerti.

Kemudian saya meminta dia untuk mencoba mengulang instruksi yang saya berikan di atas. Saya tetap bimbing dia apabila dia lupa kata-kata apa saja yang saya gunakan untuk memberi instruksi tadi. Hasilnya, si anak senang dan betah. Biasanya saya hanya bisa mengajar dia efektif 1 jam, tapi cara ini berhasil dan dia bertahan 1 jam 20 menit. :)

4 thoughts on “Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD (Speaking)

  1. rana says:

    great! ada tips lainnya? makasih banget inspirasinya

  2. Swardyani says:

    Saya akan coba praktekkan
    Trimakasi masukannya

Leave a Reply

