Teaching English in High School

Halo semua. Gimana kabarnya? Sekarang saya mau menulis artikel tentang mengajar Bahasa Inggris di sekolah menengah. Sekali lagi, yang saya tulis merupakan pengalaman-pengalaman saya dan atau cara pengajaran yang saya lihat di kelas ketika mengobservasi para guru dan teman-teman saya yang ketika itu juga praktek bersama dengan saya di sekolah. Awalnya saya merasa sangat gugup. Saya takut nanti jangan-jangan saya tidak bisa menjelaskan dengan baik atau jangan-jangan nanti ada hal-hal memalukan yang terjadi di kelas seperti terpeleset atau apa karena deg-degan. Untunglah waktu itu, salah satu guru mengijinkan saya untuk langsung ambil bagian di kelas yaitu ikut menjelaskan ulang penjelasan dari guru bila ada siswa yang bertanya ataupun membantu para siswa yang kesulitan menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Saat itu teknik yang digunakan ibu guru ini menurut saya menarik. Prosedurnya kira-kira seperti ini.

1. Para siswa diminta menuliskan satu permasalahan yang mereka hadapi di selembar kertas.

2. Setelah itu mereka diminta untuk memberikan surat itu kepada salah satu teman mereka.

3. Teman yang diberi surat tersebut harus menuliskan saran mengenai solusi permasalahan tersebut kepada si pengirim surat. (Hal ini sesuai dengan topik hari itu yaitu (giving advice)

4. Si penerima surat membacakan saran-saran yang ia berikan kepada si pengirim di depan kelas.

Menurut saya hal ini sangat baik untuk melatih speaking skill para siswa yang diawali dengan kegiatan menulis (writing) terlebih dahulu. Topiknya simple, teknik sederhana, namun benar-benar efektif untuk membantu pemahaman dan penggunaan language function oleh para siswa.

Leave a Reply

