Why Is Writing Often Difficult?

Ini pengalaman saya sewaktu mengajar. Ini adalah hal yang saya amati dari murid-murid saya. Pengalaman saya bisa merepresentasikan pengalaman teman-teman di institusi lain tetapi bisa juga berbeda karena tiap2 murid memiliki masalah-masalah tersendiri yang berbeda satu dengan yang lain.

Salah satu penyebabnya adalah kemungkinan mereka tidak tahu tenses apa yang tepat untuk digunakan dalam tulisan mereka. Untuk membantu hal ini kita perlu mengajarkan konteks kapan suatu tense dapat digunakan.

Ambil saja satu kata kerja misalnya drive

1) Apakah kata drive disini ditujukan untuk mengekspresikan rutinitas (kegiatan sehari-hari)?

Kalau iya berarti contoh kalimatnya misalnya “My father drives his car to work every day/ every morning.”

Tense nya yaitu Simple Present Tense. Perlu juga diajarkan karena Simple Present Tense digunakan untuk mengekspresikan rutinitas atau sesuatu yang biasa kita lakukan secara teratur tiap hari/ tiap minggu/ tiap bulan/ tiap pagi hari, maka biasanya ditandai dengan adverb of time.

Sekarang lihat contoh berikut.

2) Kate: Tommy where are you? What about our plans?

Tommy: Call me again later. I’m driving a car.

Perhatikan kata yang dicetak miring. Saat Kate menelpon Tommy, Tommy sedang dalam perjalanan dan ia sedang dalam proses mengendarai mobilnya. Itulah mengapa dia meminta Kate untuk menelpon lagi nanti. Implikasinya ada bermacam2 mulai dari menghindari tilang sampai menghindari kecelakaan. Yang jelas karena dia sedang mengendarai mobil dia tidak dalam posisi bisa menjawab telpon.

Jadi, ketika ada murid yang kebingungan ingatkan lagi mereka tentang konteksnya. Apakah itu berkaitan dengan hal-hal yang mereka lakukan secara rutin atau kah hal-hal yang saat itu juga sedang mereka lakukan. Biasakan mereka untuk mempertimbangkan konteksnya sehingga mereka tidak kebingungan saat akan membuat kalimat.

Sekian dulu. Silakan mampir untuk memberi comment atau share pengalaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s