Teaching Kindergarten Students

Ini pengalaman pribadi saya. Saya dulu tidak tahu harus bagaimana kalau mengajar anak TK. Dulu sempat saya mau nyerah waktu training karena saya sangat baru dalam hal ini. Tetapi setelah saya mengobservasi teman saya tahu bahwa anak TK itu konsentrasinya masih sangat pendek jadi tidak bisa berlama-lama di satu aktivitas. Aktivitas harus bervariasi.

Di bawah ini contoh saja ya, semoga berguna. Kelas kindergarten biasanya berlangsung selama satu jam dan idealnya memang seperti itu. Nah, satu jam itu dibagi sebagai berikut.

Contoh topik pengenalan warna:

10 menit pertama:

  • Guru membawa media berupa flashcards yg bergambar cat warna merah, kuning, dan hijau, dan biru.
  • Guru: It’s red. (guru meminta siswa mengulang seusai mengucapkan satu warna)
  •           It’s blue.
  •           It’s yellow
  •           It’s green

10 menit kedua:

Guru meminta anak menirukan lagi tapi kali ini per meja. Contoh: Bila anak-anak di meja 1 diminta mengulang, instruksikan anak-anak di meja lain untuk diam supaya anak-anak di meja 1 fokus hanya pada guru. Anggaplah ada empat meja di ruangan, satu meja isi empat anak. Maka, nanti anak-anak di masing-masing meja mendapatkan kesempatan untuk mengulang. Mulai dari meja pertama dulu.

Guru memulai mengucapkan lagi. It’s red. It’s blue. It’s yellow. It’s green. Begitu seterusnya dari meja 1 sampai meja 4.

Ini sudah 20 menit ya…lalu 10 menit berikutnya ajaklah anak untuk menyanyi. Guru mencontohkan dulu lagunya seperti apa. Mintalah anak-anak untuk mendengarkan terlebih dahulu.

Red, and yellow, blue, and green, blue and green, blue and green

Red, and yellow, blue, and green, color, color, color.

Setelah itu guru mengajak anak-anak satu kelas itu untuk menyanyikan lagu ini 2x.

Setelah itu lekatkanlah flashcards bergambar cat tadi di papan tulis dengan selotip. Sekarang guru menyanyikan lagu tadi sambil menunjuk pada flashcards bergambar cat itu. Ketika menyanyi dan tiba pada kata ‘red’ tunjuklah flashcard bergambar cat merah, ‘yellow‘ pada flashcard bergambar cat kuning dan seterusnya supaya anak-anak semakin tahu mana yang ‘red’, mana yang ‘yellow’, mana yang ‘blue’, mana yang ‘green’.

Bila waktu cukup, bisa kembali ke aktivitas seperti tadi, menunjuk anak-anak per meja untuk maju ke depan, menyanyi dengan teman-teman semeja mereka sambil menunjuk flashcard yg ditempel di papan sewaktu mereka menyanyi.

Lalu di 15 menit terakhir, anda bisa menyiapkan kertas putih yg di atasnya telah diprint gambar tumpahan cat tapi yang belum berwarna. Jadi masing-masing anak dapat empat kertas karena mereka belajar empat warna hari ini. Lalu minta lah mereka untuk mewarnai keempat kertas itu dengan warna yang sudah diajarkan.

Jadi disini yang penting dinamika kelas karena anak cepat bosan dan tidak bisa berkonsentrasi lama-lama. Menulis belum jadi bagian dari pembelajaran bahasa Inggris di TK karena fokusnya lebih ke spoken Englishnya dulu. Anak-anak seusia ini bahasa Indonesia pun masih dalam tahap belum sempurna, maka dari itu menulis apalagi dalam bahasa Inggris belum disarankan untuk level ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s